JEO - Peristiwa

Pantau
Info Banjir Jakarta
di Sini

Selasa, 25 Februari 2020 | 08:50 WIB

 SERI KEBENCANAAN 

 

Butuh informasi terkini terkait genangan dan banjir di Jakarta, pantau selalu lewat beragam layanan ini. 

Sejumlah layanan juga dapat dipakai untuk memantau sejumlah lokasi dan atau keperluan lain terkait kebencanaan.

BANJIR dan genangan masih terus mengakrabi Ibu Kota dan daerah penyangga. Informasi aktual dan cepat, entah untuk mencari jalan aman menuju tempat aktivitas atau sebaliknya pulang maupun untuk memantau sanak kerabat, jadi kebutuhan.

Selain media sosial, ada sejumlah layanan real time yang dapat membantu memenuhi kebutuhan itu. Salah satunya, situs web petabencana.id.

Cukup masukkan wilayah yang ingin dipantau di kolom "cari" di sisi kanan atas, program open source ini akan memberikan informasi terkini yang dicari. Atau, bila peta sudah terpampang sesuai wilayah yang dikehendaki, simbol air di peta dapat langsung pula diklik.

Baca juga: Ke Mana Cari Informasi Kerawanan dan Peristiwa Bencana

Sejauh ini, layanan yang tersedia masih untuk kota besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Anda dapat langsung menggunakannya di sini: 

Informasi banjir juga bisa diakses melalui situs Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setiap provinsi. Laporannya tidak real time, tetapi runtut berdasarkan rentang waktu tertentu.

Untuk DKI Jakarta, situs web BPBD DKI Jakarta bisa diakses di sini. Meski tidak real time, tetapi ada runutan pelaporan tersedia di dalamnya. Salah satu contoh pelaporannya adalah:

Data dalam situs web BPBD tak cuma satu macam. Untuk banjir, misalnya, tersedia pula laporan analisis atas kumpulan data peristiwa bencana tersebut.

Lalu, ada prakiraan cuaca, tinggi muka air sungai di kawasan, dan bahkan implikasi atas peristiwa alam seperti gerhana bulan pada Rabu (31/1/2018).

Baca juga: Lagu Pelangi sampai Legenda Nyi Roro Kidul demi Mitigasi Bencana

Informasi-informasi terkait kebencanaan serupa dapat pula ditemukan di situs web Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baik situs web BNPB maupun BPBD tak jarang menampilkan infografis dan atau tayangan tentang persiapan dan langkah saat menghadapi bencana.

Pintu air

Masih terkait banjir dan genangan, informasi ketinggian permukaan air di sejumlah pintu air menuju dan di Jakarta juga kini dapat dipantau real time.

Anda juga dapat langsung menggunakannya di sini, termasuk memeriksa status kesiagaan pintu air yang Anda sedang pantau, cukup scroll dan atau geser halaman di bawah ini atau coba buka link https://bpbd.jakarta.go.id/index.php/waterlevel bila loading terlalu lama:

CCTV di Jakarta

Bila masih perlu melihat pandangan mata real time melalui kamera pemantau (CCTV) publik, Anda dapat melihatnya di halaman ini atau klik ke link ini, dengan banyak berdoa kamera dan videonya sedang aktif: 

Informasi lebih lanjut 

Bagi Anda yang ingin mendalami lebih jauh sejumlah topik terkait genangan dan banjir—seperti tata ruang, ruang hijau, rencana pembangunan, dan atau daerah aliran sungai—, ada pula sejumlah website yang bisa menjadi tujuan untuk pencarian informasi.

Situs web milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan salah satunya. 
Kementerian tersebut punya Sistem Informasi Pengelolaan DAS yang situs web-nya dapat diakses di link ini.

Berbagai peta dan informasi tentang pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan—cukup erat berkelindan dengan urusan mitigasi dan penanganan bencana—ada di dalamnya.

Di level provinsi, DKI Jakarta memiliki Sistem Informasi Penataan Ruang Jakarta (SiPRaJa) yang dapat diakses di sini. Tampilan dan data interaktif tersedia di situs yang diinisiasi Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta tersebut.

Kontak darurat

Bagi Anda yang butuh layanan darurat, nomor kontak yang dapat dihubungi adalah 112 dan 119.

Nomor 112 merupakan layanan tanggap darurat yang disediakan langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ini ibarat kontak 911 di film-film besutan Hollywood, ceritanya.

Kontak ke 112 akan ditindaklanjuti oleh petugas ke instansi yang relevan dengan kondisi darurat yang disampaikan.

Layanan darurat 112 ini, setidaknya di DKI Jakarta, sekaligus menggantikan nomor-nomor yang dulu dimiliki beragam instansi, seperti 118 untuk ambulans atau 113 untu pemadam kebakaran. Semua kini disatukan ke nomor 112. 

Adapun nomor 119 adalah layanan tanggap darurat yang diinisiasi Kementerian Kesehatan. Karenanya, ini cenderung dikhususkan untuk tanggap darurat medik.

 

Baca peliputan harian Kompas.com terkait banjir dan genangan air terutama terhitung sejak malam pergantian tahun 2020, dengan klik link Liputan Khusus Banjir Jakarta, Tangerang, Bekasi ini.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.